Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Beli Motor Listrik di 2023 Bakal Dapat Subsidi Rp6,5 Juta dari Pemerintah

3 motor listrik Honda di IMOS 2022
Sumber :

100kpj – Pemerintah Indonesia tengah mempersiapkan insentif berupa subsidi setiap pembelian motor atau pun mobil listrik di 2023 mendatang. Ini dilakukan demi menarik minat masyarakat untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

Seperti yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Untuk subsidi motor listrik sekitar Rp6,5 juta per unit, sedangkan untuk jumlah subsidi mobil listrik masih digodok.

"Subsidi sepeda motor sedang finalisasi berapa juta kita mau kasih subsidi, sepeda motor mungkin Rp6 juta. Di Thailand Rp7 juta, di kita mungkin Rp 6,5 juta, kira-kira berkisar segitu. Mobil berapa juta kita mau kasih," ujar Luhut dalam acara Welcoming Stronger Investment Post-Pandemic, dilansir dari Reuters.

Tapi, Luhut sendiri belum bisa merinci bagaiman mekanisme pemberian subsidi tersebut. Yang pasti, subsidi pembelian kendaraan listrik baik motor atau mobil lebih menguntungkan dibandingkan memberikan subsidi BBM.

"Kita hitung-hitung tetap akan untung menggunakan sepeda motor listrik daripada sepeda motor fosil begitu juga mobil, jadi kalau Anda ke depan nanti jualan ini lebih bagus pilih itu," kata dia.

Luhut Binsar Pandjaitan di pabrik Wuling

Pemerintah memang sudah menargetkan produksi motor listrik sebanyak 2 juta unit di Indonesia hingga 2025. Sedangkan untuk mobil listrik, ditargetkan produksi 600 ribu unit pada 2030.

Berita Terkait
hitlog-analytic