Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tuntutan Menperin ke Piaggio Indonesia Usai Bangun Pabrik Vespa di Cikarang

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita
Sumber :

100kpj – PT Piaggio Indonesia akhirnya meresmikan pabriknya di Cikarang, Bekasi, Rabu 23 November 2022. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, menyampaikan beberapa permohonan pada pabrikan motor asal Italia itu.

Pabrik yang berada di Kawasan Industri Jababeka Cikarang, Jawa Barat, telah memulai operasional komersialnya dengan kapasitas produksi awal 10.000 unit per tahun. Sebagai tahap awal, memproduksi Vespa LX 125 i-Get.

Di Indonesia, PT Piaggio Indonesia memasarkan beragam model motor mulai skutik hingga motor gede dari merek Aprilia, Vespa, Moto Guzzi, dan Piaggio. Menperin mengharapkan, peresmian pabrik dan line-off perdana ini menjadi tonggak baru dalam peningkatan kerja sama Indonesia dan Italia.

Pabrik perakitan vespa atau Piaggio Indonesia

Pendirian pabrik dan produksi Vespa yang dilakukan oleh PT Piaggio Indonesia merupakan salah satu contoh gambaran kondisi sektor industri yang saat ini optimis dan terus berkembang.

“Peresmian ini menjadi bukti bahwa industri terus berekspansi dan berkontribusi tehadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Menperin Agus Gumiwang, seperti dikutip dari situs Kemenperin, Kamis 14 November 2022.

Pertumbuhan industri transportasi tidak terlepas dari kontribusi sektor otomotif, khususnya sektor kendaraan roda dua yang telah mencapai penjualan domestik sebesar 4,1 juta unit dan ekspor sebesar 640 ribu unit (CBU) pada periode Januari-Oktober 2022.

Berita Terkait
hitlog-analytic