Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menhub Budi Karya Ingin Ada Standarisasi Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Baterai motor listrik Honda
Sumber :

100kpj – Saat ini kendaraan listrik sudah mulai populer di Indonesia, motor listrik dan mobil listrik pun sudah banyak diproduksi. Akan tetapi, masih banyak pihak yang mempersoalkan baterai pada kendaraan ramah lingkungan itu.

Ada yang berharap baterai yang dipakai kendaraan listrik distandarisasi alias sama. Karena dinilai memudahkan bagi konsumen saat membeli motor listrik merek apapun, baterai yang digunakan akan sama.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku berusaha meningkatkan stasiun pengisian atau tempat penukaran baterai. Sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan penggantian baterai kendaraannya di mana pun.

“Standarisasi baterainya jangan sendiri-sendiri. Merek nya bisa berbeda-beda, tetapi bentuk, ukuran, dan sistemnya sama,kata Menhub Budi Karya dalam acara “Electric Vehicle – Funday”, sepertu dilansir dari laman Dephub, Senin 21 November 2022.

Lebih lanjut, Menhub Budi Karya menegaskan bahwa pemerintah telah berkomitmen untuk serius mengembangkan kendaraan listrik sebagai kendaraan masa depan, melalui regulasi dan kebijakan.  Di antaranya yaitu melalui terbitnya Perpres tentang percepatan implementasi kendaraan listrik.

Di mana, menjadi payung hukum dalam mewujudkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, dan Inpres tentang penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas pemerintah pusat dan daerah untuk mempercepat penggunaan kendaraan listrik secara massal di Indonesia.

Menhub Budi Karya Sumadi kawal touring mobil listrik
Berita Terkait
hitlog-analytic