Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Spesifikasi Ducati Desmosedici GP22 yang Bawa Bagnaia Juara Dunia

Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia
Sumber :

100kpj – Francesco Bagnaia sukses merebut gelar juara dunia MotoGP 2022. Keberhasilan pembalap asal Italia itu tak lepas dari performa apik motor Ducati Desmosedici GP22 yang ditungangginya sepanjang musim ini.

Motor balap dari Ducati itu memang memiliki spesifikasi yang sangat buat untuk di lintasan. Melansir dari situr resmi Ducati, Desmosedici GP22 dijejali mesin 1.000 cc, liquid-cooled, 90° V4, 4-stroke, Desmodromic DOHC, four valves per cylinder.

Dengan mesin Desmodromic itu, motor sanggup menghasilkan tenaga mencapai lebih dari 250 daya kuda. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 350 km/jam lebih. Transmisi Ducati Seamless Transmission dihubungkan kepada mesin motor tersebut.

Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia

Walau besar, bobot motornya hanya 157 kg dan itu sudah sesuai dengan regulasi FIM. Ringannya motor karena penggunaan sasis twin spar yang bermaterial aluminium yang dikombinasi velg berbahan magnesium.

Suspensi bagian depan motor memakai merek Ohlins dengan tabung luar karbon. Suspensi belakang juga memakai merek yang sama, dan bisa diatur preload dan damping. Sistem elektronik Marelli ECU mendukung motor tersebut bersama software yang sudah ditentukan oleh pihak Dorna.

Bagian rem memakai Brembo dua cakram 340mm di bagian depan dengan kaliper empat piston. Sedangkan bagian belakang hanya memakai satu cakram saja berbahan baja dengan kaliper dua piston.

Berita Terkait
hitlog-analytic