Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

3 Zona Safety Riding di Sekolah yang Menyenangkan Ala AHM

Safety Riding di Sekolah
Sumber :

100kpj – Guna mengenalkan kampanye keselamatan berkendara bagi generasi muda, tentunya membutuhkan cara yang berbeda dan pastinya harus menyenangkan. Ini sepertu yang dilakukan Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM), di mana mengemas penyampaian pesan safety riding ini melalui Wisata Edukasi Satu Hati di Safety Riding Lab Astra Honda.

Hal tersebut dilakukan secara perdana di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada Rabu 19 Oktober 2022. Pengenalan Wisata Edukasi Satu Hati dengan pendekatan pembelajaran Kelompok Belajar Paket Satu Hati, di mana edukasi dikemas lewat program layaknya pelajar sekolah yang dievaluasi melalui rapor hasil uji pemahaman keselamatan berkendara.

Seluruh materi pembelajaran langsung diberikan oleh Duta Safety Riding sekolah yang telah dilatih oleh AHM. Para peserta akan mendapatkan tantangan uji pengetahuan etika berlalu lintas, menaklukkan berbagai kondisi jalan dengan aman melalui simulator berkendara Honda Riding Trainer (HRT), hingga unjuk kemampuan berkendara melalui berbagai rintangan.

Pada akhir sesi, peserta akan mendapat hasil evaluasi pemahaman keselamatan berkendara sebagai panduan mereka dalam meningkatkan kompetensi lebih lanjut. Safety Riding Lab Astra Honda memiliki 3 zona, yaitu zona audio-visual, zona simulasi, dan zona praktik.

Simulasi berkendara Safety Riding di Sekolah

Pembelajaran ilmu etika berlalu lintas di zona Audio-visual. Dalam zona ini, peserta berdiskusi tentang berbagai pengetahuan keselamatan berkendara dengan memanfaatkan video pendek safety riding sebagai simulasi beberapa kondisi berkendara di jalan raya, sehingga diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi siswa-siswi untuk menganalisa dan mendiskusikan potensi masalah dalam berlalu lintas.

Kegiatan berlanjut ke Zona Simulasi dengan menggunakan Honda Riding Trainer. Para peserta berkesempatan mencoba simulasi berkendara dengan berbagai jenis sepeda motor dalam beragam kondisi jalan. Setelah menguasai teori dan melakukan simulasi, para peserta diajak berkendara menggunakan sepeda motor di Zona Praktik yang dilengkapi berbagai rintangan kondisi jalan dan rambu lalu lintas.

Berita Terkait
hitlog-analytic