Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Fenomena Emak-emak Sering Salah Nyalakan Sein, Perlu Edukasi Masif

Emak-emak naik motor.
Sumber :

100kpj – PT Astra Honda Motor (AHM) menaruh perhatian khusus dalam hal keselamatan berkendara. Terbaru, mereka menggelar acara tahunan bertajuk Astra Honda Safety Riding Instructors Competition atau AH-SRIC di Kota Medan, Sumatera Utara.

Gelaran yang telah dihelat sebanyak 13 kali itu, bertujuan untuk menyiapkan instruktur safety riding yang terlatih, guna mendukung terciptanya budaya aman dan nyaman dalam berlalulintas.

Nantinya, setelah mendapat cukup pembekalan, para instruktur akan diturunkan langsung ke tengah masyarakat umum, dan menyampaikan semua hal yang telah mereka terima.

Menariknya, perhatian Honda terkait keselematan berkendara, tidak hanya ditujukan kepada instruktur saja. PT Indaco Trading Coy, selaku main dealer sepeda motor Honda di Sumatera Utara, acap mengadakan acara sejenis yang khusus dibuat untuk kalangan ‘emak-emak’.

“Kita semua tahu, hal keliru yang sering dilakukan ibu-ibu saat mengendarai sepeda motor adalah salah menyalakan lampu sein,” ungkap Instruktur Safety Riding khusus wanita PT Indaco Trading Coy, Eka Yolahati, di Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa 30 Juli 2019.

Eka, sebagai bagian dari kaum wanita, merasa memiliki tanggung jawab untuk mematahkan stigma tersebut. Itulah mengapa, ia rutin memberikan edukasi serta pelatihan kepada kalangan ibu-ibu di kawasan tempat ia ditugaskan.

“Saya tak ingin hal itu (stigma buruk soal ibu-ibu salah menyalakan lampu sein) terus dipercaya. Makanya kami sering mengadakan pameran Honda Riding Trainer untuk memberikan pembekalan khusus kepada mereka. Jadi, semacam alat simulator soal fungsi kendaraan dan bagaimana cara mengendarainya,” kata Eka.

“Nanti ada juga prakteknya langsung. Saya harap, dengan ini saya bisa mengurangi kekeliruan itu,” tutup dia.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic