Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Respon AISI soal Jokowi Targetkan 2 Juta Motor Listrik di 2025

Motor listrik Yamaha E01
Sumber :

100kpj – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menargetkan 2 juta unit motor listrik mengaspal di Indonesia. Lantas, bagaimana respon dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI perihal target yang diminta Jokowi itu?

Jokowi menekankan bahwa pemerintah ingin mewujudkan transformasi energi baru terbarukan (EBT), termasuk kendaraan listrik. Maka itu, ditargetkan masyarakat Indonesia sudah bisa menggunakan kendaraan listrik di 2025.

"Kami targetkan nanti di 2025, 2 juta kendaraan listrik bisa digunakan masyarakat Indonesia. Serta selanjutnya, akan ke pasar ekspor," kata Jokowi pada Februari lalu.

Menurutnya, kendaraan listrik bisa mempercepat transisi menuju penggunaan energi baru terbarukan. Maka itu, Jokowi pun sangat mengapresiasi dunia usaha yang turut mengembangkan ekosistem kendaraan listrik, baik di sektor hulu maupun hilir.

AISI sendiri mengaku sudah mengetahui permintaan dari Jokowi tersebut. Kini, diskusi pun sudah dilakukan para member AISI guna mencapai target 2 juta motor listrik tersebut.

"Jadi gini, AISI pasti tergantung dari member-membernya, ya. Saat ini, dari diskusi kami dengan para member, prinsipnya kami mendukung untuk itu (target 2 juta motor listrik pada 2025)," ujar Ketua Umum AISI, Johannes Loman pada wartawan di Jakarta, Selasa 11 Oktober 2022.

Motor Listrik NIU di IIMS 2021. Doc. Utomocorp.
Berita Terkait
hitlog-analytic