Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kampus Ini Sedang Membuat Motor Tenaga Matahari Untuk Papua

Motor listrik Gesits
Sumber :

100kpj – Kendaraan listrik menjadi salah satu solusi untuk menekan polusi udara yang dihasilkan dari emisi mesin pembakaran kendaraan bermotor. Saat ini sudah cukup banyak motor, dan mobil listrik beredar di pasar Indonesia.

Harga yang ditawarkan tergolong cukup mahal bagi sebagian orang, terutama mobil listrik. Berbeda dengan motor, cukup banyak merek pendatang baru yang menawarkan harga berfairasi dengan spek bersaing.

Charging Station PT PLN

Selain listrik sebagai sumber energi untuk menekan emisi, sinar matahari atau tenaga surya juga sudah dimanfaatkan sebagai pengganti mesin pembakaran.

Namun beberapa produk bertenaga surya tersebut baru sebatas sebagai bahan penilitian, dan studi, hingga dijadikan perlombaan salah satunya di Shell Eco-marathon.

Seiring perkembangan zaman, dan menyambut era ramah lingkungan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), diam-diam sedang mempersiapkan motor tenaga surya untuk masyarakat Papua.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rektor ITS Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, Master Enginering di dalam seminar nasional 100 tahun industri otomotif yang digelar di perguruan tinggi tersebut, Selasa 11 Oktober 2022.

Berita Terkait
hitlog-analytic