Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor Listrik Model Apa Saja yang Dirilis Honda hingga 2025?

10 model motor listrik yang bakal dirilis Honda

100kpj –  Honda telah mengumumkan rencana panjang menuju era elektrifikasi secara global dengan bakal merilis 10 model motor listrik hingga tahun 2025 mendatang. Lalu model apa saja yang bakal dikeluarkan oleh pabrikan asal Jepang ini?

Seperti yang diungkapkan oleh Managing Officer Honda Motor Co., Ltd, Yoshishige Nomura, nantinya bakal ada tiga kategori sepeda motor listrik yang dikeluarkan. Kategori-kategori tersebut adalah Electric Bicycle (EB) dengan top speed 25 km/jam, Electric Moped (EM) mencapai 25 - 50 km/jam, dan yang lebih kencang Electric Vehicles (EV) top speed 50 km/jam.

"Elektrifikasi adalah kunci untuk menuju karbon netral pada tahun 2050, secara global, electric motorcycle ada beberapa kategori EB (electric bicycle), EM (electric Moped), dan EV (electric vehicles). Pasar global electric motorcycle sekarang kira-kira 50 juta unit. Lebih dari setengah yang berada di China merupakan EM dan EB," ujar Yoshishige Nomura seperti dikutip dari tayangan Youtube Honda Global, kemarin.

"Namun secara bertahap pasar berkembang di negara lain juga. Di India misalnya, penjualan EV, di samping EM yang nyaman dan terjangkau, meningkat secara dramatis karena kebijakan pemerintah untuk mempromosikan upaya netralitas karbon. Mengantisipasi ekspansi pasar tersebut, Honda akan memperkenalkan sepeda motor listrik yang mengakomodasi berbagai kebutuhan pelanggan," lanjutnya.

Honda juga telah mengembangkan sistem pengisian ulang baterai yang efisien melalui Honda mobile power pack, dan akan melakukan standarisasi sistem penukaran baterai. Bagi Honda, jarak, waktu pengisian dan harga menjadi isu untuk mempopulerkan sepeda motor listrik.

5 model motor listrik Honda yang meluncur 2022-2024

Honda akan memperkenalkan lebih dari 10 model sepeda motor listrik baru pada tahun 2025, dengan target mencapai penjualan sepeda motor elektrik sebanyak 1 juta unit dalam rentang 5 tahun ke depan, dan menjadi 3,5 juta (sekitar 15% dari total penjualan) pada tahun 2030. Honda telah menawarkan model seri Honda e: Business Bike dan mempercepat peluncuran global untuk sepeda motor listrik komersil (Business-use).

Berita Terkait
hitlog-analytic