Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Motor yang Boleh dan Tidak Beli Pertalite Jika Pembatasan Berlaku

Motor Isi Bensin
Sumber :

100kpj – Pemerintah telah menaikkan harga BBM bersubsidi Pertalite dan Solar pada Sabtu 3 September 2022. Dengan harga Pertalite yang kini mencapai Rp10.000 per liter, tentunya masih tetap akan jadi pilihan utama karena Pertama pun naik jadi Rp14.500/liter.

Tapi perlu diingat bahwa PT Pertamina (Persero) akan membuat ketentuan kendaraan yang berhak mendapatkan BBM subsidi masih disiapkan Pemerintah. Dengan merevisi dari Perpres No. 191 Tahun 2014 mengenai kriteria kendaraan yang berhak menggunakan BBM subsidi.

Memang untuk saat ini aturan tentang pembatasan BBM bersubsidi untuk sepeda motor belum diberlakukan. Tapi kemungkinan motor dengan cc lebih dari 250 tidak diperbolehkan menggunakan Pertalite.

"Berdasarkan hasil Rakortas yang dipimpin Menko Ekon, bahwa pembatasan pengguna JBKP (Jenis BBM Khusus Penugasan) Pertalite ditetapkan khusus untuk roda 4 pelat hitam 1.500 cc ke bawah dan roda 2 250 cc ke bawah," kata Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Sehingga besar kemungkinan motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc dilarang beli Pertalite. Terlebih, motor dengan kapasitas mesin di atas 250, memiliki perbandingan kompresi yang tinggi, jadi tidak cocok untuk mengkonsumsi Pertalite.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menuturkan bahwa sampai saat ini pembatasan pembelian Pertalite untuk para pengguna motor dengan kapasitas 250 cc ke bawah belum diterapkan.

“Belum ada pembatasan,” tuturnya saat dihubungi VIVA.

Irto juga tidak bisa memastikan, apakah aturan pembatasan bakal diberlakukan ke depannya. Menurut dia, semua itu tergantung dari pemerintah. Apabila memang mendapat instruksi, maka Pertamina akan menjalankan sesuai tugas mereka. “Kami menunggu dari regulator,” ungkapnya.

Berikut sepeda motor yang boleh mengisi Pertalite jika pembatasan diberlakukan:

- Honda PCX 150
- Honda PCX 160
- Honda BeAT
- Honda Vario
- Honda Vario 160
- Honda Scoopy
- Honda Supra X
- Honda Revo X
- Honda Supra Cub
- Honda CBR150R
- Honda ADV 160
- Yamaha Mio
- Yamaha Fino
- Yamaha Soul
- Yamaha Lexi
- Yamaha NMAX
- Yamaha R15
- Suzuki Address
- Suzuki Nex II
- Suzuki GSX-R150
- Kawasaki W175

Berita Terkait
hitlog-analytic