Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Honda Genio Cuma Butuh Oli Sedikit, Bakal Pengaruhi Performanya?

Skutik Honda Genio.
Sumber :
AHM

100kpj – PT Astra Honda Motor atau AHM baru saja meluncurkan Honda Genio beberapa waktu lalu. Skuter matik bertampang mirip Scoopy itu diklaim sebagai produk Honda dengan konsumsi pelumas paling sedikit.

Honda Genio hanya membutuhkan 0,65 liter oli untuk membuat mesin bekerja. Meski lebih sedikit dari skutik kebanyakan, namun AHM menyebut performa sepeda motor tidak akan alami penurunan.

"Semuanya masih berkaitan sama layout mesin baru yang kompak, jadi area ruang lebih kecil. Sehingga volume oli juga lebih sedikit," ujar Technical Service Division PT AHM, Endro Sutarno kepada pewarta di aula satu ICE BSD, Tangerang, Kamis 25 Juli 2019.

"Tetapi, karena penguapan dan sirkulasinya baik, jadi performanya juga baik, mesin pun enggak mudah panas," tambahnya.

Namun, kata Endro, masih ada satu hal lagi yang belum banyak orang tau terkait penggunaan pelumas di Honda Genio.

"Motor ini kan kapasitas olinya 0,65 liter, sementara yang banyak dijual 0,8 liter dan satu liter. Masih ada saja yang asal tuang sampai ruang pengisiannya terlalu penuh. Padahal, kalau ruang untuk udara kurang, bisa mempengaruhi shield, mesin jadi berat," kata dia.

Ia juga menambahkan, apabila hal itu sudah kadung terjadi, pemilik Genio bisa kembali mengeluarkan oli, dan menuangkannya lagi sesuai takaran yang dianjurkan.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic