Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Harga Pertamax Mahal, Honda Vario 160 Masih Aman Kok Pakai Pertalite

Honda Vario 160.
Sumber :

100kpj – Para pemilik kendaraan yang biasa memakai bensin Pertamax kini sedang resah dengan harga per liternya mencapai Rp12.500. Lalu, apakah aman motor jika harus menggunakan bensin dengan oktan yang di bawahnya? seperti Pertalite.

Jika tak memakai Pertamax, pilihan yang lebih murah ada pada Pertalite yang harganya Rp7.650 per liter. Oktan pada Pertalite sendiri lebih rendah, yakni RON 90, sedangkan Pertamax pakai RON 92.

Lalu, motor produksi baru seperti Honda Vario 160 apakah aman jika memakai bensin Pertalite?. Reza Rezdie selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan bila Vario 160 masih aman memakai oktan yang lebih rendah dari Pertamax.

"Pada spesifikasi motor Vario 160, di buku pedoman pemilik sudah diinformasikan bahwa walaupun Vario 160 ini kompresi tinggi 12:1, tapi dia masih bisa menggunakan oktan minimum 88. Artinya bukan lagi Pertalite, bahkan Premium bisa tanpa ada penyesuaian apa pun," ujar Reza dalam acara virtual bedah teknologi Vario 160, Kamis 7 April 2022.

Reza menjelaskan bila Honda Vario 160 sudah memiliki sistem injeksi yang cukup canggih. Di mana, PGM-FI milik Honda telah dilengkapi dengan sensor O2 yang bisa menyesuaikan output mesinnnya.

Honda Vario 160 meluncur di Indonesia

"Setiap penggunaan jenis bahan bakar berbeda, dalam hal ini oktannya, nanti si O2 sensor itu bisa mendeteksi dari kandungan sisa pembakaran, terutama di bagian kandungan oksigennya," katanya.

Berita Terkait
hitlog-analytic