Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Indonesia Targetkan 2 Juta Kendaraan Listrik Mengaspal di 2025

Presiden Jokowi masuk ke dalam Wuling Almaz RS
Sumber :

100kpj – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menargetkan ada 2 junit kendaraan listrik yang siap mengaspal di tanah air pada 2025. Ini demi mewujudkan transformasi energi baru terbarukan (EBT), termasuk kendaraan listrik.

"Kami targetkan nanti di 2025, 2 juta kendaraan listrik bisa digunakan masyarakat Indonesia. Serta selanjutnya, akan ke pasar ekspor," kata Jokowi, seperti dikutip dari Antara, Rabu 23 Februari 2022.

Menurutnya, kendaraan listrik bisa mempercepat transisi menuju penggunaan energi baru terbarukan. Maka itu, Jokowi pun sangat mengapresiasi dunia usaha yang turut mengembangkan ekosistem kendaraan listrik, baik di sektor hulu maupun hilir.

Dengan begitu, dia menilai Indonesia bukan tak mungkin bakal merajai industri tersebut. Jokowu pun berharap pabrik baterai listrik dengan kapasitas produksi yang besar bisa segera dibangun di Indonesia.

Pengisian baterai di PLN Tambaloka

"Nanti ditingkatkan kapasitas produksinya (kendaraan listrik), mungkin bekerja sama dengan perusahaan dari Taiwan, Gogoro misalnya. Hingga ekosistem kendaraan listrik terbangun dan siap berkompetisi dengan negara lain," ujarnya.

Lebih lanjut, baginya kendaraan listrik menjadi salah satu modal utama dalam menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, kendaraan listrik juga mudah diminati karena memiliki sumber energi yang mudah dijangkau.

Berita Terkait
hitlog-analytic