Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Fitur Hybrid pada Yamaha Fazzio Bakal Muncul Dalam Kondisi Ini

Yamaha Fazzio seri Neo
Sumber :

100kpj – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing telah meluncurkan Yamaha Fazzio Hybrid Connected pada awal tahun ini. Skutik bergaya retrok ini diklaim ini sebagai motor dengan teknologi hybrid pertama di Indonesia untuk kelas 125cc.

Yang menarik perhatian pada motor ini adalah teknologi Blue Core Hybrid. Sistem hybrid yang terpasang pada Fazzio memiliki 2 sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start.

Tapi perlu diketahui bila, teknologi hybrid pada Yamaha Fazzio hanya bekerja pada kondisi-kondisi tertentu. Seperti yang dijelaskan oleh Technical & Education PT Yamaha Motor Manufacture Indonesia Aji Handoko.

"Ada beberapa kondisi, temperatur mesin. Kedua posisi start dari posisi diam. Kalau sudah jalan pun tetap nyala, selama belum mencapai 5.500 rpm, hybrid akan muncul,” kata dalam acara test ride di Bucketlist Bogor, Kamis, 3 Februari 2022.

Fitur hybrid sendiri akan bekerja saat gas diputar pada tiga detik pertama, dan akan mati secara otomatis. Berdasarkan studi Yamaha, pada tiga detik pertama motor membutuhkan daya yang lebih besar.

Yamaha Fazzio seri Neo

"Setelah tiga detik pertama (sistem hybrid) tidak bekerja lagi. Pada tiga detik di awal bisa membantu efisiensi bahan bakar di mana pada saat akselerasi di awal butuh tenaga besar otomatis butuh konsumsi BBM yang lebih besar," ujar Manager Public Relations, YRA & Community PT YIMM, Antonius Widiantoro.

Berita Terkait
hitlog-analytic