Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Intip Langsung Yamaha Fazzio Hybrid: Penuh Fitur Kekinian

Yamaha Fazzio seri Neo
Sumber :

100kpj – Yamaha Indonesia memberikan gebrakan di awal tahun 2022 ini dengan meluncurkan Yamaha Fazzio Hybrid Connected. Bergaya skutik retro, Yamaha Fazzio masuk dalam keluarga Classy Yamaha.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mengklaim ini sebagai motor dengan teknologi hybrid pertama di Indonesia untuk kelas 125cc. Sebagai catatan, Fazzio menggunakan teknologi Blue Core Hybrid.

Lalu cara kerjanya pun berbeda dengan sistem hybrid yang ditawarkan Honda PCX e:HEV ataupun pada mobil. Sistem hybrid yang terpasang pada Fazzio memiliki 2 sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start.

Ukuran ban dan CVT Yamaha Fazzio

"Blue Core Hybrid yang bekerja secara simultan antara daya yang dihasilkan oleh mesin dengan daya yang dihasilkan oleh electric power assist start," ujar Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro di Jakarta Selatan, kemarin.

Lebih lanjut, Anton menyatakan bila fitur hybrid akan bekerja saat gas diputar pada tiga detik pertama, dan akan mati secara otomatis. Berdasarkan studi Yamaha, pada tiga detik pertama motor membutuhkan daya yang lebih besar.

"Setelah tiga detik pertama (sistem hybrid) tidak bekerja lagi. Pada tiga detik di awal bisa membantu efisiensi bahan bakar di mana pada saat akselerasi di awal butuh tenaga besar otomatis butuh konsumsi BBM yang lebih besar," paparnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic