Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Yamaha Rilis YZF-R1 dan YZF-R1M Versi 2020, Apa Saja Perubahannya?

Yamaha YZF-R1 2020
Sumber :

100kpj – Yamaha telah resmi memperkenalkan motor YZF-R1 dan YZF-R1M 2020. Lalu, apa saja perubahan yang diberikan oleh pabrikan asal Jepang ini kepada dua moge versi terbarunya ini?

Dua motor supersport ini resmi dikenalkan di WeatherTech Raceway Laguna Seca saat perlombaan World Superbike dan MotoAmerica. Di mana, keduanya membawa mesin CP4 yang diperbarui kembali.


Untuk versi 2020 ini banyak sekali pembaharuannya, mulai dari sektor mesin. Dilansir Cycleworld, keduanya masih memakai mesin crossplane 998 cc yang kompatibel dengan regulasi Euro5.

Tetapi, ada perbaikan di sistem injeksi dengan memakai injektor bahan bakar 10-hole dari Bosch. Di mana, menghasilkan pembakaran yang lebih efisien. Tenaga mesin ini masih sama, yakni 199 dk.

Untuk YZF-R1 sistem knalpot sekarang sudah punya empat katalisator. Hal ini didesain untuk melindungi pengendara dari panas mesin motor, dan juga bisa mengurangi kebisingan suara.



Yamaha YZF-R1 2020 juga dibekali fitur Accelerator Position Sensor Grip (APSG), dengan dengan sistem Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T). Di bagian sokbreker depan ada Öhlins tipe ERS NPX untuk R1M dan shockbreaker depan KYB untuk model R1.


Perubahan lainnya adalah Brake Control dan Engine Brake Management. Yakni, bagian dari 7 alat bantu pengendali kontrol elektronik yang dapat disesuaikan secara independen.

Di bagian kaki-kaki, sekarang sudah memakai ban Bridgestone RS11 Battlax Racing Street dengan desain baru. Ada juga ubahan kecil lain, seperti mengganti material kampas rem depan.

Kedua motor ini sudah bisa dipesa mulai tangga 25 Juli di pasar Eripa. Kabarnya, YZF-R1 dbanderol 17.399 dolar atau setara Rp242,3 juta dan YZF-R1M dipasang 26.009 dolar, atau sekitar Rp362,2 juta.
Berita Terkait
hitlog-analytic