Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Premium dan Pertalite Bakal Diganti Pertamax Secara Bertahap

Pom Bensin
Sumber :

100kpj – Indonesia kini memasuki masa transisi energi, di mana nantinya kendaraan di Tanah Air akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan. Saat ini, pemerintah akan mendorong penggunaan bensin RON 90 atau pertalite sebagai bahan bakar minyak ramah lingkungan.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Soerjaningsih mengungkapkan, saat ini RI memasuki masa transisi tersebut. Di mana premium RON 88 akan digantikan dengan pertalite RON 90.

"Sebelum akhirnya kita akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan," katanya, seperti dikutip dari VIVA.co.id

Pom Bensin

Dia menambahkan bila saat ini, hanya ada tujuh negara termasuk Indonesia yang masih memakai premium Ron 88. Volume yang digunakan pun sangat kecil kualitas yang lebih baik menjadi salah satu penyebabnya.

Soerja mengungkapkan Pemerintah sedang menyusun peta jalan bahan bakar minyak ramah lingkungan. Di mana nantinya pertalite juga akan digantikan dengan bahan bakar yang kualitasnya lebih baik.

"Dengan roadmap ini, ada tata waktu di mana nantinya kita akan menggunakan BBM ramah lingkungan. Ada masa di mana pertalite harus dry, harus shifting dari pertalite ke pertamax," ujarnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic