Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Honda Makin Dekat Miliki Africa Twin Bermesin Kecil

Honda Africa Twin versi terbaru.
Sumber :

100kpj – Pabrikan sepeda motor asal Jepang, Honda, siap melahirkan personel baru di keluarga petualang. Setelah sebelumnya mengenalkan X-ADV, kini pabrikan berlogo sayap mengepak itu berencana menghadirkan Africa Twin dengan kapasitas mesin yang lebih kecil.

Saat ini Africa Twin yang beredar di pasaran menggendong mesin bertenaga 1.000cc. Kapasitas yang sedemikian besar, membuat konsumen yang berasal dari kalangan menengah, harus berpikir dua kali sebelum membelinya. Itulah mengapa, Honda berniat melahirkan Africa Twin baru, dengan kapasitas mesin yang hanya 850cc.

Kabar tersebut sebenarnya sudah beredar sejak bulan lalu, ketika salah satu media asal Negeri Sakura, Scoop, menampilkan motor bertubuh jangkung itu di halaman terdepan surat kabar, lengkap dengan keterangan ‘Honda C850L Africa Twin’.

Hal itu tentu membuat banyak kalangan heran, sebab sebelumnya, Honda sempat dikabarkan tertarik meningkatkan mesin Africa Twin, menjadi 1.100cc.

Menurut laman Greatbiker, yang dikutip Senin 1 Juli 2019, perusahaan yang bermarkas di prefektur Minato itu berniat menghadirkan keduanya dalam waktu berdekatan. Namun belum jelas, varian mana yang pertama kali digarap—apakah yang bermesin besar, atau justru bermesin kecil terlebih dahulu?

Honda sengaja menghadirkan Africa Twin bermesin 850cc sebagai upaya mematahkan dominasi Eropa di sektor terkait, sebut saja BMW S-series yang bermain di kelas 750 hingga 850cc, atau KTM yang belum lama mengenalkan 790 Adventure, nama-nama beken itu selalu menjadi pilihan utama konsumen yang ingin memiliki tunggangan petualang bermesin ‘tanggung’.

Melalui sumber lain disebutkan, varian mungil Africa Twin itu masih membawa fitur premium seperti Dual Clutch Transmission (DCT), yang menyediakan dua mode berkendara, yakni drive dan sport. Pengendara bisa mengaturnya sendiri, dengan memainkan tuas yang terletak di sekitar setang kendaraan.

Selain itu, pabrikan juga tidak ingin melepas teknologi khas petualangnya, seperti switchable ABS, traction control, serta ride-by-wire throttle.

Meski belum ada keterangan resmi dari pihak Honda, namun berbagai media di Jepang memberitakan bahwa Africa Twin 850 segera muncul 2021 mendatang, atau tepat beberapa saat setelah kakaknya yang bermesin 1.100cc resmi dikenalkan. Apakah semua kabar itu benar? Kita nantikan bersama.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic