Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Waspada! Maling Motor Ini Bongkar Gembok Cuma 1 Menit

Kunci motor.
Sumber :

100kpj – Seluruh sepeda motor dibekali sistem keamanan yang berfungsi mencegah terjadinya pencurian. Namun, tingkat perlindungannya tidak mutlak aman, sehingga masih ada maling yang bisa membobolnya.

Salah satu langkah praktis yang diambil pemilik sepeda motor, adalah dengan menambah kuncian. Biasanya, mereka memasangkan gembok di bagian jeruji roda, atau cela di sekitar tungkai standar. Hal itu bertujuan agar kendaraan tetap berada di posisinya, dan tidak bisa digerakkan.

Tetapi, seiring berjalannya waktu, tingkat pemahaman pencuri terkait upaya pembobolan gembok pun semakin meningkat. Bahkan, saat ini mereka bisa melakukannya hanya dalam hitungan detik saja.

Kenyataan itu terekam melalui unggahan @agoez_bandz4 di laman berbagi Instagram. Terlihat seorang pencuri berinisal AN sedang bersama Kanit Reskrim Polsek Lubuklinggau Selatan, IPDA Hilal Subhi, untuk membagikan trik atau cara khusus membobol gembok yang terpasang di sepeda motor.

Tak perlu repot-repot, ia hanya butuh sebuah korek api untuk menjalankan aksi bejatnya tersebut. Caranya mudah sekali, pencuri hanya tinggal menyalakan korek, kemudian arahkan sulutan apinya ke bagian slot gembok.

Jika sudah cukup panas, maka getok atau pukul bagian boks kunci menggunakan benda keras, hingga tungkai kaitnya tercabut sempurna dari lobang kuncian, dan terlepas.

Meski aksi reka ulang itu ditayangkan di banyak media, namun melalui kutipan di unggahan tersebut, dituliskan bahwa pihak kepolisian setempat tidak bermaksud mengajarkan orang lain berbuat jahat.

Ia hanya ingin mengedukasi masyarakat untuk bersikap lebih hati-hati lagi, agar benda berharga milik mereka tidak lenyap tersambar maling.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic