Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Usai Genio, Honda Akui Lagi Siapkan Skutik Baru Lain, Ini Bocorannya

Honda Forza.
Sumber :

100kpj – Pabrikan asal Jepang, Honda, memasang rangka dengan teknologi enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) di skutik barunya, Genio.

Tulang besi yang diproduksi melalui proses press serta pengelasan laser itu diklaim dapat meningkatkan stabilitas saat gerak menikung, sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver.

Kabar baiknya, rangka itu tidak hanya dipasangkan di Honda Genio saja, pabrikan yang bermarkas di Minato, Tokyo, Jepang itu sedang dalam proses pengembangan melahirkan skutik bertenaga lebih besar dengan mengusung teknologi rangka serupa.

“Teknologi yang sama (eSAF) sedang kami develop untuk bisa juga digunakan oleh skutik 125cc dan juga 150cc. Saat ini sudah dimasukkan ke rencana jangka pendek, kami harap teman-teman bisa menunggunya,” ujar Assistant Chief Engineer Department 2 Honda, Makoto Dohi di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Rangka baru itu juga mampu menempatkan ruang bagasi hingga 14 liter, dan menyisakan ceruk untuk meletakkan tangki bahan bakar 4,2 liter. Dohi mengatakan, hal itu sengaja dihadirkan untuk menunjang mobilitas serta produktifitas konsumen di wilayah perkotaan yang tinggi.

Saat ini, seluruh pengembangan rangka eSAF dilakukan di Indonesia. Berikutnya, jika semuanya sudah sempurna, tidak menutup kemungkinan teknologi itu turut dihadirkan ke produk Honda lain di luar negeri.

“Model ini bisa juga digunakan di Thailand dan negera lain, tapi untuk yang pertama kami lakukan di Indonesia karena konsumennya banyak di sini. Setelah menjadi lead country, kami berharap itu bisa dikembangkan ke negara-negara lainnya,” tutup Dohi.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic