Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Siap Buka Pabrik di Indonesia, Harga Motor KTM Bakal Lebih Murah?

KTM motor.
Sumber :

100kpj – PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku distributor resmi  KTM di Indonesia akhirnya memberikan kepastian, terkait pembukaan pabrik perakitan sepeda motor yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur.

Rencana yang telah digagas sejak beberapa bulan lalu ini, sempat tertunda karena masalah perizinan dari pemerintah.

Presiden Direktur PJLM, Kristianto Goenadi menyatakan, proses pembangunan manufaktur sudah sampai di tahap final. Jika tidak ada kendala berarti, sebelum akhir tahun 2019, segalanya sudah dipastikan beres.

“Rencana mendirikan pabrik CKD ini sudah dimulai sejak lama, tapi saat itu ada masalah license yang berkaitan dengan brand dan izin CKD. Dari Kemenperin semuanya juga belum keluar. Jadi kemungkinan besar akhir tahun ini sudah selesai,” kata Kris kepada pewarta di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kris juga menambahkan, saat ini pabrikan pusat sudah memberikan lampu hijau, terkait pemilihan lokasi serta konsep pemasaran produk.

“Ini kan pakai fasilitas yang sudah ada, cuma license saja belum. Tapi kami sudah komitmen ke principal, tahun ini kami sudah bisa operasi di Gresik,” sambungnya.

Meski belum diresmikan, namun Kris mengklaim sudah memahami karakteristik konsumen KTM di Tanah Air. Sehingga, dengan kepercayaan diri tinggi ia mampu mengatakan, bahwa dalam satu hari pabrikan yang berdiri di timur Pulau Jawa itu mampu memproduksi ratusan unit sepeda motor.

“Kapasitas produksi bisa 200 unit per hari. Itu umumnya model street, mulai dari 200cc sampai 390cc, kemudian menyusul model lainnya. Kami juga informasikan bahwa untuk tahap awal ini, total kandungan dalam negerinya 10 persen. seiring berjalannya waktu, pasti kami tingkatkan,” ungkap Kris.

Meski perakitan kendaraan dikerjakan di dalam Negeri, Kris memastikan bahwa tidak ada depresiasi nilai, atau harga yang dibanderol tetap sama seperti sebelumnya.

“Karena tujuan awalnya memang untuk mempercepat proses produksi dan distribusi saja,” tutup dia.   

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic