Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Canggih, Begini Cara Produsen Lawan Pemalsuan Aki Sepeda Motor

Aki motor dengan QR Code.
Sumber :

100kpj – Pemalsuan produk menjadi risiko yang harus dihadapi saat membeli sukucadang kendaraan bermotor. Salah satu komponen yang rawan dipalsukan adalah aki.

Direktur Astra Otoparts, Yusak Kristian mengatakan, produk palsu menjadi salah satu risiko yang harus dihadapi GS Astra sebagai merek aki yang banyak dipakai oleh pemilik kendaraan bermotor.

"Orang kalau mau memalsukan pasti yang nomor satu kan, enggak mau nomor dua. Pemalsuan ini menurut saya akan terus ada, tetapi kami terus menekannya agar berkurang," ujar Yusak di Gandaria, Jakarta, Senin 24 Juni 2019.

Untuk menekan peredaran aki palsu di pasaran, Yusak mengatakan, salah satunya dengan menyematkan teknologi baru berupa QR Code di bagian atas aki GS Gold. Pemilik sepeda motor bisa melakukan scanning kode unik dengan menggunakan gawai.

Kode digital akan terhubung dengan website, lalu konsumen diwajibkan mengisi data diri untuk nantinya bisa memanfaatkan garansi selama dua tahun setelah diaktifkan.

"E-Warranty ini hadir sebagai upaya peningkatan layanan kami untuk pengguna sepeda motor," ujarnya.

Aki GS Gold sendiri merupakan produk baru yang dibanderol dengan harga eceran tertinggi Rp264 ribu. Sumber listrik ini bisa dipakai antara lain untuk sepeda motor Honda Revo, BeAT series, Vario series, lalu Suzuki Address, Spin, Next, Satria F, serta Yamaha Mio Series, Aerox, Fino, dan Jupiter MX.

(Laporan: Pius Yosep Mali)

Berita Terkait
hitlog-analytic