Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kaget, Honda Genio Cuma Butuh Oli Sedikit Banget

Skutik Honda Genio.
Sumber :
AHM

100kpj – Honda secara resmi melahirkan skutik terbarunya bernama Genio. Skutik 110cc dengan tampilan mirip-mirip Scoopy itu memiliki harga jual Rp17,2 sampai Rp17,7 jutaan on the road Jakarta.

Menurut Honda, motor ini menggendong mesin baru, generasi termutakhir mesin eSP (enhanced Smart Power) 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Tenaga maksimal mesin ini mencapai 6,6 kW pada 7.500 rpm, dan torsi puncak di 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Skutik baru ini mampu menempuh jarak 0-200 meter hanya dalam 12,4 detik. Kecepatan maksimalnya mampu menyentuh 94 km per jam.

Kendati demikian, teknologi baru juga membuat mesin eSP Honda Genio lebih irit penggunaan bahan bakar. Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda ECE R40, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 59,1 km per liter. Sehingga mampu menempuh jarak hingga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

Di luar angka-angka tenaga, ada hal yang paling menarik seputar Genio, yakni kapasitas oli mesin yang ditelannya. Karena menurut data, cuma membutuhkan 650 mililiter pelumas saja.

Hal itu tentu berbeda dengan skutik bermesin 110cc pada umumnya, yang membutuhkan sekira 800 ml oli.

Terkait hal ini, Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno angkat suara. Kata dia, hal ini lantaran mesin yang digendong Genio benar-benar baru, sehingga berbeda dengan mesin 110cc lainnya, semisal BeAT atau Scoopy.

Meski demikian, dia memastikan oli sedikit tersebut tak bakal berpengaruh pada performa, termasuk membuat mesin cepat panas.

"Walau volume olinya sedikit, tapi pelumasan komponen mesin dijamin tetap maksimal. Ini kaitannya dengan lay out new engine yang compact," kata dia.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic