Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Awas, Anak ke Sekolah Kendarai Sepeda Motor Orang Tua yang Bayar Denda

Pelajar Mengendarai Motor
Sumber :

100kpjSepeda motor memang menjadi alat transportasi yang simpel dan fungsional, sehingga tak heran jika sepeda motor menjadi pilihan masyarakat guna menunjang mobilitasnya. Tak hanya untuk bekerja, sepeda motor juga bisa mengantarkan siswa atau pelajar menuju lokasi sekolah.

Tapi untuk dapat mengendarai sepeda motor tidak bisa sembarangan, ada aturan yang harus ditaati, selain wajib menaati peraturan lalu lintas. Salah satu syarat yang harus ditaati oleh pengendara motor, adalah sudah melewati batas umur yang diperbolehkan.

Makanya bagi orang tua yang memiliki anak pelajar dan masih dibawah umur untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM), harus memantau anaknya agar tidak mengendarai sepeda motor, baik ketika akan berangkat ke sekolah atau bermain dengan teman-temannya.

Jika orang tua nekat membiarkan, maka resiko yang harus diterima orang tua tersebut harus membayar denda sebesar jutaan Rupiah. Seperti dikutip dari Cartoq, orang tua harus membayar uang denda tilang karena membiarkan anaknya mengendarai motor.

pelajar ditilang

Seperti yang terjadi di Distrik Koenjhar, Odisha, India, Polisi menindak dengan mengeluarkan surat tilang kepada anak-anak di bawah umur yang terlihat lewat kamera CCTV kedapatan mengendarai sepeda motor.

Polisi menindak dengan memberikan tilang sebesar Rs 100 ribu atau jika dikonversi ke Rupiah menjadi sekitar Rp19 jutaan, kepada orang tua dari empat anak di bawah umur yang terbukti mengendarai sepesa motor.

Berita Terkait
hitlog-analytic