Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Honda Vario Diubah Menjadi Motor Listrik, Hasilnya Mencengangkan

Honda Vario 125
Sumber :

100kpj – Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM melakukan inovasi pada sebuah motor konvensional. Di mana, Honda Vario diubah menjadi sebuah motor dengan tenaga listrik.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Badan Litbang ESDM tengah melakukan penelitian dan perekayasaan terhadap sepeda motor berbahan bakar bensin, menjadi sepeda motor listrik.

Baca Juga: Hal Ini yang Terjadi di Dealer Mobil Ketika Relaksasi PPnBM Berlaku

Kepala P3TKEBTKE, Hariyanto, menyatakan ini sebagai bentuk dukungan Peraturan Menteri Pehubungan nomor 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Melansir dari VIVA Otomotif, modifikasi dilakukan pada konverter untuk menyambungkan kruk as ke transmisi. Perubahan pada pegangan motor listrik pada rangka motor menggunakan pelat besi.

“Beberapa poin penting yang harus dipatuhi adalah, daya motor listrik paling tinggi sesuai dengan klasifikasi sebagai sepeda motor dengan isi silinder sampai dengan 110cc, daya motor listrik konversi paling tinggi 2 kW,” ujarnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic