Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bongkar Fitur Canggih di Honda PCX 160 yang Bisa Bikin Pengendara Aman

Honda PCX 160
Sumber :

100kpjHonda PCX 160 yang dikenalkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) hadir dengan banyak perubahan, mulai dari kapasitas mesin yang menjadi tambah besar juga penyematan fitur-fitur baru yang lebih modern dan aman bagi pengendara.

Salah satu fitur barunya adalah Honda Selectable Torque Control (HSTC), yang berfungsi untuk menjaga traksi ketika putaran roda belakang bergerak cepat, agar tidak selip saat berakselerasi di permukaan jalan yang basah, licin dan berpasir. Teknologi pada Honda PCX baru tipe ABS ini umum diaplikasi pada motor-motor berkapasitas mesin besar.

Nah, fitur HSTC menjadi andalan Honda PCX 160 dilaunching secara virtual pada hari di Jumat (5/2/21) minggu kemarin. Karena fitur tersebut bisa membuat pengendara Honda PCX menjadi lebih aman.

Menurut Ade Muhajir, Technical Service Division PT Astra Honda Motor mejelaskan bahwa, speed signal dari roda depan dan roda belakang selalu mengirim data ke ECU, jika ECU menerima data dari speed signal roda belakang yang terlalu kencang, artinya putaran roda belakang terlalu cepat dari roda depan maka ECU yang kemudian mengatur bukaan throttle body dan semprotan bensin di injektor.

Fitur HSTC Honda PCX 160

"Sehingga walaupun gas dipelinitr, tapi motor tidak akan melaju dengan cepat dan ban belakang pun tidak berputar dengan kencang, jadi bisa meminimalisir terjadinya selip pada roda belakang," ungkap Ade ketika ditemui 100KPJ di Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center, Senin 8 Februari 2021.

Untuk mengetahui ketika fitur HSTC ini sedang bekerja, pengendara cukup melihat meter cluster pada bagian sebelah kanan spidometer, jika terdapat lambang huruf T menyala artinya fitur HSTC sedang bekerja, namun ketika fitur traction control tersebut tidak sedang dalam kondisi bekerja maka lambang huruf T nya akan mati.

Berita Terkait
hitlog-analytic