Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Skuter Listrik Yamaha EC-05 Resmi Mengaspal

Yamaha EC-05
Sumber :

100kpj – Skuter listrik Yamaha yang dinamai EC-05 akhirnya resmi mengaspal untuk kali pertama, dan Taiwan menjadi pilihannya. Ini menjadi jawaban dari pabrikan asal Jepang tersebut dalam menghadirkan motor non-emisi.

Didesain sederhana dengan dimensi yang terbilang mungil, skuter listrik ditujukan untuk menunjang mobilitas di perkotaan. Dilansir Electrek, Yamaha belum mengumumkan secara resmi kemampuan dari skuter listrik EC-05.



Namun skuter ini diperkirakan mampu melaju dengan kecepatan 85-95 km per jam dengan daya jelajah 100 km. Sementara keunggulan lainnya, baterai sebagai pemasok dayanya bisa dibongkar pasang.

EC-05 ini dibangun di Taiwan, dan Yamaha dikabarkan bermitra dengan perusahaan powertrain Gogoro. Yamaha mendapatkan porsi mendesain langsung EC-05, sedangkan bagian jeroan motor hampir semuanya dikerjakan Gogoro.

Maka itu, skuter milik Yamaha ini diharapkan memiliki kinerja setara skuter listrik Gogoro Seri 2.  skuter Gogoro sendiri mampu menampung dua paket baterai berkapasitas tinggi.



Di mana, baterai bisa diisi di rumah atau ditukar ke stasiun penggantian baterai yang tersedia. Produksi Yamaha EC-05 dijadwalkan bisa mulai dikirim pada Agustus 2019.

Sementara Taiwan masih menjadi negara pertama yang bisa menikmati skuter listrik ini. Yamaha sendiri kabarnya tengah menjalin kerjasama dengan Honda, Kawasaki dan Suzuki untuk menciptakan motor listrik lainnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic