Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Honda Bakal Lahirkan Africa Twin Bermesin ‘Kecil’

Honda Africa Twin 2018.
Sumber :

100kpj – Pabrikan sepeda motor asal Jepang, Honda, siap menghadirkan personel baru di keluarga petualang. Setelah sebelumnya mengenalkan X-ADV, kini pabrikan berlogo sayap mengepak itu berencana membuat Africa Twin dengan kapasitas mesin yang lebih kecil.

Saat ini Africa Twin yang beredar di pasaran menggendong mesin bertenaga 1.000cc. Kapasitas yang sedemikian besar, membuat konsumen yang berasal dari kalangan menengah, harus berpikir dua kali sebelum membelinya. Itulah mengapa, Honda berniat melahirkan Africa Twin baru, dengan kapasitas mesin yang hanya 850cc.

Melansir laman Indianauto, Senin 10 Juni 2019, pengurangan tenaga itu berimbas pada ukuran sepeda motor yang kian mengecil, sehingga jarak tapaknya semakin rendah, dan memudahkan orang berpostur pendek mengendarainya.

Meski performa motor lebih kecil, namun varian mungil Africa Twin itu masih membawa fitur premium seperti Dual Clutch Transmission (DCT), yang menyediakan dua mode berkendara, yakni drive dan sport. Pengendara bisa mengaturnya sendiri, dengan memainkan tuas yang terletak di sekitar setang kendaraan.

Selain itu, Honda juga tidak ingin melepas teknologi khas petualangnya, seperti switchable ABS, traction control, serta ride-by-wire throttle.

Kabarnya, beberapa komponen serta fitur lain yang tersemat di Africa Twin 850cc itu menganut apa yang tertanam dalam tubuh Triumph Tiger 800 dan juga BMW F 850 GS. Namun demikian, soal jantung teknis, motor itu justru berniat mengadopsi mesin NC750X atau CRF1000L, dengan penurunan ataupun peningkatkan kapasitas yang telah disesuaikan di awal.

Sejauh ini, semua hal yang berkaitan dengan Africa Twin bermesin ‘kecil’ itu masih sebatas isu belaka. Meski begitu, di negeri asalnya, Jepang, kabar tersebut telah meramaikan berbagai linimasa, mulai dari laman daring, hingga ke surat kabar.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic