Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gojek dan Grab Siapkan Insentif Buat Driver yang Narik saat Lebaran

Driver ojek online.
Sumber :

100kpj – Pada Hari Raya Idul Fitri, permintaan akan tranpsportasi meningkat drastis. Begitu juga dengan transportasi berbasis teknologi seperti ojek daring (online).

Namun, khusus untuk ojek online, diakui Grab Indonesia akan terjadi pergeseran permintaan, di mana daerah akan menjadi lebih ramai ketimbang kota besar.

Untuk menyikapi perubahan tersebut, Grab menyiapkan data terkait permintaan layanan di sejumlah daerah. Yang mana, permintaan di sana dinilai masih tinggi, tetapi penawaran (ketersediaan jasa) justru tak mencukupi.

"Kami memberi informasi kepada mitra, area-area mana yang di tahun sebelumnya kekurangan (penawaran), sehingga lebih fokus ke daerah-daerah itu," ujar Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata ketika ditemui di daerah Cilandak, beberapa waktu lalu.

Ia pun menilai, akan terjadi ketimpangan antara penawaran dan permintaan saat Lebaran. Untuk itu, Grab mengimbau mitranya agar tetap menyediakan jasa kepada konsumen, juga mendukung mitra lewat data yang disebutkan Ridzki.

"Tapi kami yakin dari pelajaran tahun-tahun sebelumnya, kemudian dengan data yang kami berikan, kami bisa mengurangi ketimpangan tersebut."

Di sisi lain, Go-Jek juga sudah menyiasati fenomena pergeseran permintaan itu melalui penawaran skema insentif baru untuk mitra pengemudi di masa mudik. Dari segi konsumen, perusahaan akan menyediakan promosi berbentuk kupon.

"Pada dasarnya, mitra kami bekerja secara sukarela, tidak ada jam kerja. Kami menawarkan skema insentif dan promosi voucher supaya (mitra) bisa melayani lebih banyak dari biasanya," jelas VP Public Policy & Public Relations Gojek, Panji W Ruky saat ditemui di Blok M, Selasa 28 Mei 2019.

Pihak Grab Indonesia pun juga menyediakan insentif saat momen Hari Raya. Namun, baik Grab maupun Gojek tak menjelaskan detail dari skema insentif tersebut.

Yang pasti, langkah-langkah yang diambil kedua perusahaan itu bertujuan untuk memastikan layanan mereka tetap tersedia ketika dibutuhkan oleh para konsumen. Termasuk pada saat mudik Lebaran, di kota besar ataupun daerah.

Berita Terkait
hitlog-analytic