Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Saingi Yamaha, Ini Calon Motor Baru Honda Berteknologi VTEC

Honda Forza.
Sumber :

100kpjHonda sepertinya makin serius bersiap menghadirkan teknologi VTEC pada sepeda motornya. Sejumlah bocoran terus mencuat ke publik.

Salah satu motor yang dipastikan bakal menggunakan teknologi tersebut adalah Forza. Demikian seperti dikutip GreatBiker, Senin 3 Juni 2019.

Dihadirkannya VTEC oleh Honda, tak lain sebagai cara untuk menyaingi langkah kompetitornya, Yamaha, yang memiliki teknologi andalan Variable Valve Actuation (VVA), seperti yang terdapat di NMAX.

Teknologi katup variabel ini membuat camshaft atau noken as NMAX memiliki dua profil, high dan low. Alhasil, tenaga lebih optimal di putaran rendah sampai atas, karena kecepatan katup berubah mengikuti putaran mesin. Karena itulah, muncul isu Honda tidak mau kalah, dan akan memakai teknologi serupa untuk Forza dan PCX 150.



Sejauh ini Honda sudah mematenkan desain sistem katup variabel VTEC. Dalam sketsa paten tersebut dapat dilihat dengan jelas kalau sistem katup ini mengatur camshaft agar bekerja lebih lancar, untuk menciptakan kekuatan dan akselerasi terbaik dalam kecepatan rendah maupun tinggi.

Kehadiran teknologi VTEC oleh Honda tentu menarik. Semisal pada Forza 300 yang didukung SOHC satu silinder, berkapasitas 279 cc. Karena selain membuat sepeda motor lebih kencang juga dapat menarik pelanggan baru, baik dari kelas moge maupun bagi sebagian pihak yang ingin naik kelas dari motor 150cc.



Walau demikian, dilaporkan jika proyek ini belum akan dihadirkan dalam waktu dekat. Sebab Forza terbaru diketahui baru saja diluncurkan pada 2018 lalu. Paling cepat diprediksi kemunculannya baru akan terjadi pada 2020, di mana Thailand akan dijadikan basis produksi utamanya.
Berita Terkait
hitlog-analytic