Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Banyak Mobil Baru Isi Bensin RON Rendah, Gara-Gara Sales?

Sales mobil
Sumber :

100kpj – Di Indonesia ada tiga jenis bensin atau bahan bakar yang dipasarkan oleh Pertamina, yang diurutkan berdasarkan Research Octane Number alias RON. Pertamax Turbo punya RON 98 yang paling tinggi. Di bawahnya ada Pertamax 92, Pertalite 90 dan Premium dengan RON 88. 

Uniknya di Indonesia Pertalite dan Premium masih menjadi favorit, padahal baik Pertalite dan Premium tersebut sebenarnya sudah tidak ideal lagi untuk mobil keluaran baru. Karena kedua jenis BBM tersebut emisi yang dihasilkan besar. 

Hal tersebut disampaikan oleh Ahli Konversi Energi Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, Tri Yuswidjajanto Zaenuri. Sebab, saat ini sepeda motor yang dibuat di Indonesia sudah menganut standar Emisi Euro 3 dengan RON minimum 91. Demikian pula dengan mobil, yang memakai standar Euro 4 dan RON paling rendah 91 juga.

“Mau diisi BBM dengan RON 92 enggak apa-apa, asalkan jangan diisi RON 90 atau RON 88,” ujarnya saat acara webinar Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dikutip dari VIVA Otomotif, Rabu 18 November 2020.

Isi Bensin

Lebih lanjut Tri mengatakan, konsumen akan cenderung membeli BBM yang harganya paling murah. Meski, di kendaraan sudah tertulis bahwa mesin hanya bisa bekerja optimal jika menggunakan bensin dengan RON minimal 91.

“Tidak ada yg mengharuskan ia mengisi BBM tertentu. Sekalipun tertulis di kaca, belum tentu diikuti. Standar Euro itu tidak berlaku lagi ketika kendaraan sudah di tangan konsumen, karena tidak ada pengujian emisi untuk kendaraan pribadi,” tuturnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic