Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Masa Sulit di Tengah Pandemi, Pengguna Kijang Innova Beralih ke Avanza

Suasana showroom mobil bekas
Sumber :

100kpj – Pandemi covid-19 membuat kondisi ekonomi melemah. Ruang gerak yang terbatas, hingga daya beli masyarakat menurun, tentu sangat berdampak pada pendapatan sejumlah perusahaan. Sehingga terjadi pemecatan massal.

Kebutuhan sehari-hari yang harus terpenuhi memantik sebagian orang menjual aset berharga, seperti halnya kendaraan. Di awal pandemi, banyak yang menjual mobil untuk mendapatkan uang tunai agar tetap bertahan hidup.

“Saat awal pandemi banyak orang menjual mobilnya di Maret, April, Mei, dan banyak down grade,” ujar Presiden Direktur Mobil88, Halomoan Fischer melalui diskusi virtual bersama Forwot, Rabu 18 November 2020.

Mobil Bekas

Artinya selain berlomba-lomba menjual kendaraan, ada yang lebih milih turun kelas. Sehingga tetap memiliki mobil, namun mendapatkan uang tunai. Misalnya dari pengguna Toyota Kijang Innova beralih menggunakan Avanza.

“Misalnya dia jual Innova Rp200 juta harganya. Terus dia beli Avanza dengan kredit yang TDP-nya hanya Rp20 juta, artinya dia masih pegang uang tunai Rp180 juta,” tuturnya.

Menurutnya fenomena orang jual mobil dan turun kelas saat pandemi sudah terlewati. Dia mengklaim penjualan mobil bekas di Mobil88 mulai stabil ketika memasuki Agustus, meski secara jumlah tidak sebanyak di tahun lalu. 

Berita Terkait
hitlog-analytic