Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Indonesia Target Produksi 20 Persen Kendaraan Listrik di 2025

Mobil listrik Nissan
Sumber :

100kpj – Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier, membeberkan target produksi kendaraan listrik di Tanah Air. Menurutnya, diharapkan 2025 bisa produksi 20 persen.

"Tahun 2025 itu paling tidak target kita, 20 persen produksi otomotif nasional sudah berbasis low carbon emission vehicle (LCEV). Jadi di situ ada mobil listrik berbasis baterai ada mobil hybrid yang strong hybird dan mild hybrid," katanya belum lama ini dalam Webinar.

Motor listrik Gesits.

Tak cuma itu, sudah ada juga peta jalan kendaraan ramah lingkungan tersebut untuk pasar otomotif Indonesia. Dalam rumusannya, pemerintah juga mengajak beberapa produsen yang terkait.

"Peta jalan ini kita sudah rumuskan dengan stakeholder. Jadi kita ambil prespektif positif buat pembangunan otomotif nasional. Jadi kita rancang bersama termasuk dari sisi akademisi, sisi semuanya. Artinya peta jalan ini sudah selesai untuk saat ini,' ujarnya.

Total produksi kendaraan di tahun 2025 ditargetkan mencapai 2 juta unit. Nantinya, 1,69 juta kendaraan diperuntukkan untuk pasar domestik yang artinya kendaraan ramah lingkungan diharapkan berada di angka 240 ribu.

"Jadi pada 2025 nanti internal combustion engine (ICE) akan terjadi perubahan komposisi. ICE tetap ada karena saat ini mobil ICE yang dilihat di Indonesia memberikan 99 persen PDB. Kami juga sudah rancang teknologi fuel hidrogen ke depan mungkin muncul, karena di Eropa sudah mulai muncul di 2035," kata Taufiek.

Berita Terkait
hitlog-analytic