Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Banyak Orang Kaya Saat Covid-19, Cuma 1 Bulan 37 Ribu Mobil Terjual

Pameran otomotif GIIAS 2018.
Sumber :

100kpj – Sejak wabah covid-19 menyebar di Indonesia, kondisi ekonomi mengalami penurunan di beberapa sektor. Sehingga banyak perusahaan memecat karyawannya, karena pendapatan yang menurun di tengah pandemi.

Bisnis otomotif menjadi salah satu yang terimbas cukup besar sejak adanya wabah tersebut. Sebagian orang menunda mengeluarkan uang dalam jumlah banyak saat pandemi, terutama untuk pembelian kendaraan baru.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang menaungi sejumlah brand mobil di Tanah Air, memprediksi penjualan kendaraan roda empat sepanjang 2020 menurun 40-50 persen dibandingkan tahun lalu.

Pameran Mitsubishi Auto Show

Menghimpun data yang sudah dirilis Gaikindo, penjualan mobil baru dari diler ke konsumen alias dalam periode Januari sampai Agustus 2019 menorehkan angka 675.826 unit. Sedangkan tahun ini hanya terjual 364.034 unit.

Artinya ada penurunan hingga sekitar 50 persen, atau 311.792 unit. Meski merosot tajam, tetap saja ada sebagian orang kaya yang mampu beli mobil baru di tengah pandemi. Hal tersebut bisa terlihat dari data penjualan ritel per bulan.

Cuma satu bulan atau selama Agustus tahun ini, sebanyak 37.655 unit mobil baru telah terjual ke tangan konsumen. Ada peningkatan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, yang dimulai Maret atau awal covid-19, sampai Juli.

Berita Terkait
hitlog-analytic