Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

China Negara Paling Serius Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Bus listrik transjakarta
Sumber :

100kpj – Saat ini industri otomotif tengah gencar menuju era kendaraan yang ramah lingkungan. Dan suatu yang hal yang paling dianggap ideal dan sama sekali tidak menghasilkan polusi udara, yakni arus listrik.

Presiden Joko Widodo sudah mengeluarkan Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2019, yang mengatur tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Salah satu perusahaan yang sedang sibuk mengimplementasikan Perpres itu, adalah PT Bakrie Autoparts. Mereka bekerja sama dengan pabrikan otomotif asal China, yakni BYD untuk menghadirkan bus listrik di Jakarta.

Bus yang digerakkan energi setrum itu saat ini sedang dalam tahap uji jalan oleh PT TransJakarta. Diharapkan, nantinya bus bisa diproduksi secara lokal dan dapat menjadikan langit Ibu Kota kembali biru.

Pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus mengatakan, China sudah sejak lama berkutat dalam riset dan pengembangan kendaraan listrik, yakni mulai era 1990-an.

“China adalah negara pertama di dunia, yang serius membangun ekosistem kendaraan listrik. Ekosistem tersebut selanjutnya dioperasionalkan dengan membangun industri komponen, industri otomotif, mulai dari sepeda listrik, sepeda motor listrik, mobil listrik, hingga bus listrik,” tuturnya, dilansir dari VIVA Otomotif.

Berita Terkait
hitlog-analytic