Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kaget Lihat Mobil Terlaris di RI per April, Bukan Avanza atau Innova

Booth Mobil Honda
Sumber :

100kpj – Pandemi corona atau Covid-19 memukul berbagai sektor industri di Indonesia, salah satunya otomotif. Hal itu bisa terlihat melalui penjualan mobil di Tanah Air yang dalam beberapa bulan terakhir mengalami penurunan drastis.

“Mobil bukan merupakan kebutuhan primer, bahkan sekunder. Terdapat penurunan yang luar biasa besarnya, akibat Covid-19. Kalau kami lihat di April wholesales  turun 90 persen dibandingkan normal,” ujar Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, Yohannes Nangoi, dikutip dari VIVA, Kamis 21 Mei 2020.

Baca juga: Fuso Tetap Kuasai Penjualan Truk di Tanah Air Walau Penjualan Turun

Berdasarkan laporan Gaikindo, pada bulan keempat tahun ini, jumlah penjualan wholesales hanya mencapai 7.871 unit. Menariknya, dari jumlah tersebut, mobil sejuta umat buatan Toyota, Avanza, tak lagi berstatus sebagai mobil terlaris di Indonesia. Posisinya turun jauh ke peringkat enam.

Honda Brio Satya di GIIAS 2019

Kini, mobil yang paling banyak dibeli konsumen Tanah Air adalah Honda Brio. Kendaraan bertubuh mungil itu berhasil terjual sebanyak 766 unit, sedang di bawahnya ada Daihatsu Sigra 479 unit, lalu menyusul Toyota Innova dengan catatan angka 455 unit.

Baca juga: Corona Bikin Pemilik Kendaraan di Indonesia Lebih Melek Teknologi

Berita Terkait
hitlog-analytic