Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

3 Komponen yang Perlu Diperhatikan Saat Mobil Jarang Keluar Rumah

Ilustrasi mencuci mobil di rumah
Sumber :

100kpj – Sejak adanya virus corona atau covid-19, pergerakan masyarakat dibatasi. Sehingga segala kegiatan lebih banyak dilakukan di dalam rumah. Kondisi itu membuat kendaraan pribadi jarang digunakan, dan luput dari perhatian.

Padahal ada bebrapa resiko yang bisa mebuat komponen mobil rusak jika dibiarkan begitu saja. Hal tersebut disampaikan langsung oleh National Sales Manager Automotive Aftermarket Division, Bosch Indonesia Agung Sinulingga.

Dia mengatakan, salah satu komponen yang riskan saat mobil jarang digunakan jalan adalah aki. Karena daya simpan listriknya bisa berkurang dalam beberapa waktu tertentu, sehingga menyulitkan Anda saat ingin menggunakan mobil dalam kondisi mendesak.

Bukan hanya itu, wiper juga menjadi komponen penting. Agung menyebut, kondisi cuaca saat ini tidak menentu, dan masih didominasi hujan. Jika karet wiper getas karena umur pemakaian, tentu fungsinya saat menyeka air hujan kurang maksimal.

Yang tidak kalah penting adalah filter AC atau saringan udara di kabin mobil. Dia mengatakan, tanpa sadar udara kotor dihirup saat mengendarai mobil. Sehingga batuk tiba-tiba, atau sekadar bersin karena filter tidak mampu memutar udara bersih.

“Kabin mobil tu lebih kecil dari kamar kita. Udara yang dihirup atau dhasilkan dari AC itu seluruhnya tersaring dari filter kabin. Jadi terbayang kalau filter kabin ini tidak berfungsi karena sudah terlalu kotor, atau tidak ada,” ujarnya melalui konferensi virtual, Kamis 14 Mei 2020.

Oleh sebab itu, 3 komponen tersebut juga cukup penting diperhatikan. Terutama mobil tersebut jarang digunakan.  “Performa mobil dituntut untuk selalu prima guna mendukung mobilitas di berbagai situasi penting dan mendesak,” tuturnya. 

Berita Terkait
hitlog-analytic