Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Miris! Ternyata Cuma Segini Gaji Pokok Sales Mobil

Pameran otomotif GIIAS 2018.
Sumber :

100kpj – Selain marketing ada salah satu pekerjaan yang sangat berperang penting dalam kesuksesan sebuah merek mobil. Pekerjaan tersebut adalah sales, yang bertugas sebagai tenaga penjual untuk menawarkan langsung produk ke konsumen. 

Sales atau wiraniaga dianggap suskes dan mendapatkan bonus jika dapat memenuhi target penjualan yang ditentukan marketing atau perusahaan. Maka tidak heran jika profesi tersebut dianggap sebagai ujung tombak penjualan diler.

Namun menurut penelusuran 100KPJ, upah yang didapat dari sales mobil tidak sebanding dengan harga produk yang mereka jual. Bahkan beberapa diler hanya menggaji para sales tersebut di bawah upah minium atau UMR yang berlaku.

Salah satu tenaga penjual diler Suzuki di kawasan Tangerang yang enggan disebutkan namanya mengatakan, gaji pokok yang diterimanya tidak terlalu besar. Karena pendapatan terbesar itu saat berhasil menjual produk yang ditawarkan.

Ilustrasi pameran GIIAS 2019

“Saya kecil cuma Rp1 jutaan, tapi kalau sudah jual satu unit mobil ada perhitungannya sendiri, belum termasuk lising yang ngasih uang tambahan. Makanya keuntungan saya lebih besar kalau pembelian kredit,” ujarnya, Jumat 21 Februari 2020.

Lebih lanjut dia mengatakan, semakin lama konsumen memilih tenor kredit keuntungan yang didapat akan lebih besar dibandingkan, konsumen yang melakukan pembelian tunai. Atau kredit dalam waktu singkat semisal satu tahun dan dua tahun.

Berita Terkait
hitlog-analytic