Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Lebih dari 1 Juta Mobil Mengaspal di Jalan RI, Toyota Paling Banyak

Macet di Jakarta
Sumber :

100kpj – Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan mobil dari diler ke konsumen sepanjang 2019 mencapai 1.043.017 unit. Artinya lebih dari satu juta unit mobil telah berseliweran di jalan raya Indonesia.

Namun angka tersebut mengalamai penurunan, sebab di 2018 penjualan ritel mobil masih menyentuh angka 1.152.641 unit. Nah penyusutan penjualan tersebut sudah terjadi sejak awal tahun lalu, maka Gaikindo sempat merevisi target penjualan.

Asosiasi yang menaungi hampir semua merek mobil di Tanah Air itu awalnya menargetkan penjualan sepanjang 2019 mencapai 1,15 juta unit. Namun karena penjualan setiap bulan tidak menunjukkan peningkatan, akhirnya direvisi menjadi 1 juta unit.

Menurut Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiharto, revisi target penjualan dilakukan karena banyak momen yang membuat orang menahan pembelian. Bahkan hingga awal semester kedua tahun lalu masih terjadi perlambatan 12 persen dari sebelumnya.

Toyota Spektakuler, promo jelang akhir tahun

“Memang ada perlambatan, maka dari itu kami memperkirakan tiga bulan terakhir (Oktober, November, Desember) bisa mencapai 250 ribu unit,” ujar Jongkie beberapa waktu lalu.

Di balik penurunan penjualan ritel di 2019, Toyota masih menjadi merek mobil terlaris. Angka penjualan merek mobil asal Jepang itu mencapai 331.004 unit, atau meraih pangsa pasar 31,7 persen. Dari hasil tersebut Avanza masih menyumbang penjualan terbanyak.

Berita Terkait
hitlog-analytic