Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

10 Fakta Kelam soal Kecelakaan Lalu Lintas di RI, Nomor 5 Bikin Kaget

Ilustrasi Kecelakaan
Sumber :

100kpj – Setiap hari, ada saja pengguna kendaraan yang terlibat kecelakaan di jalan raya. Penyebabnya beragam, mulai dari kesalahan teknis seperti kerusakan pada salah satu komponen, hingga cara berkendara yang cenderung serampangan dan tidak aman.

Di Indonesia, kecelakaan lebih sering menimpa pengendara roda dua. Namun demikian, bukan berarti pengemudi mobil terhindar dari hal yang sama. Sebab, saat kendaraan roda empat bermuatan penuh mengalami kecelakaan, tentu korban yang jatuh akan lebih banyak.

Direktur Transportasi Kementerian PPN/Bappenas, Ikhwan Hakim, dalam presentasinya di bilangan Jakarta Pusat mengungkapkan, ada sekitar 24 persen kecelakaan di jalan raya yang melibatkan mobil, bus, dan truk. Besar kemungkinan angka itu terus meningkat seiring bertambahnya jumlah kendaraan darat di Indonesia.

“Tapi harapannya, kami dan kita semua bisa menekan angka tersebut,” ujarnya, Selasa sore 17 Desember 2019.

Tingginya angka kecelakaan di jalan raya, membuat Korlantas dan Badan Pusat Statistik atau BPS menyajikan beberapa fakta kelam berkaitan dengan korban jiwa, serta kerugian yang ditanggung akibat peristiwa tersebut. Hal itu juga sempat disampaikan Ikhwan dalam presentasinya mengenai data.

Berita Terkait
hitlog-analytic