Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Infrastruktur Kendaraan Listrik Bukan Perioritas Utama Gubernur DKI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :

100kpj – Kendaraan yang menggunakan mesin pembakaran tentu menghasilan emisi karbon, atau polusi yang dapat mencemari lingkungan. Untuk mengakali hal tersebut, beberapa negara memberikan isentif untuk kendaraan bertenaga listrik.

Isentif diberikan agar harga kendaraan listrik lebih terjangkau, dan masyarakat tertarik menggunakan kendaraan tanpa emisi tersebut. Namun agar mobil atau motor pelahap seterum bisa berkembang dibutuhkan infrastruktur.

Salah satu infrastruktur yang dibutuhkan adalah tempat pengisian daya baterai. Atau jalanan khusus yang di mana saat mobil listrik melintas di atas jalan tersebut baterainya akan terisi, teknologi tersebut diterapkan di beberapa negara.

Nah sementara di DKI Jakarta, pembangunan infrastuktur untuk kendaraan listrik ternyata tidak menjadi perioritas. Sebab Pemerintah Provinsi DKI mengutamakan pembangunan untuk pejalan kaki, contohnya trotoar atau jembatan penyebrangan.

Gubernur DKI, Anies Baswedan mengatakan, Pemprov DKI Jakarta secara tegas mengumumkan rangking pembangunan serta rangking isentif, dan disentif bagi kota yang bebas penduduk ini. Urutan pertama pembangunan bukan untuk kendaraan.

“Kami menggariskan ada urutannya, mana yang jadi perioritas untuk dibangun dan perioritas untuk diberikan isentif dan disentif. Nomor satu adalah untuk pejalan kaki,” ujarnya di Jakarta saat meresmikan komunitas Tesla Club Indonesia.

Berita Terkait
hitlog-analytic