Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Highway Hypnosis, Gejala Hilang Fokus saat Nyetir di Jalanan Lurus

Ilustrasi Menyetir Mobil
Sumber :

100kpj – Bagi sebagian kalangan, mengemudikan mobil di lintasan lurus dan sepi merupakan pengalaman menyenangkan. Sebab, pada situasi seperti itu, pengemudi bisa memacu kendaraannya sekencang mungkin tanpa mendapat gangguan dari pengguna jalan lain.

Selain itu, jalan raya yang lurus dan kosong juga membuat pengemudi lebih rileks, sehingga tak perlu sering memainkan rem ataupun memutar-mutar setir. Semuanya terasa lebih simpel dan juga mudah.

Ilustrasi Menyetir Mobil

Tapi faktanya, mengemudikan mobil dalam situasi tersebut memiliki satu risiko bahaya, yakni kehilangan rasa sadar tiba-tiba, atau dalam dunia medis disebut Highway Hypnosis. Gejalanya hampir mirip dengan Microsleep atau rasa kantuk yang muncul secara singkat.

Dilansir dari ABCnews, Kamis 14 November 2019, Highway Hypnosis adalah kondisi di mana seorang pengemudi tak sadar dirinya sedang mengemudikan mobil. Biasanya, saat di lintasan lurus, pengemudi masih menginjak gas, menggenggam setir, namun pikirannya mengawang ke mana-mana, seperti melayang dan tak sadarkan diri.

Profesor kinesiologi dari Universitas Michigan Amerika Serikat, Sean Meehan menyebut, ketika berada di lintasan lurus yang kosong, terutama dalam kondisi kelelahan, pengemudi hanya akan memusatkan perhatiannya pada satu titik obyek. Hal itulah yang membuat mereka seperti ‘terhipnotis’ dan hilang kesadaran.

Berita Terkait
hitlog-analytic