Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

GM Cabut, Wuling Bakal Ambil Alih Produksi Chevrolet di RI?

Ilustrasi mobil Chevrolet
Sumber :

100kpj – General Motors atau GM sebagai induk perusahaan Chevrolet di Tanah Air mengumumkan akan angkat kaki dari pasar Indonesia pada Maret 2020 mendatang. Keputusan itu terpaksa diambil, lantaran sulitnya menghadapi persaingan pasar domestik yang telah dikuasai merek Jepang.

Setelah keputusan tersebut diumumkan, sebagian kalangan menilai Chevrolet tetap melanjutkan produksinya di Indonesia melalui perantara Wuling Motor. Dugaan itu beralasan, sebab perusahaan yang bermarkas produksi di Cikarang, Jawa Barat tersebut belum lama ini mengekspor Chevrolet Captiva ke Thailand, Fiji, dan Brunei Darusalam.

Mobil tersebut tak lain adalah Wuling Almaz yang dipasarkan di Indonesia.

Wuling Almaz jadi Chevrolet Captiva

Sekadar diketahui, Wuling sendiri merupakan perusahaan ‘patungan’ antara General Motors asal Amerika Serikat dengan dua produsen otomotif asal Cina, SAIC Motor Corporation Limited dan Guangxi Automobil  Group. Sehingga, atas dasar itu, apakah Wuling akan menjadi pemegang merek Chevrolet di Indonesia selanjutnya?

Senior Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani, tak ingin berkomentar banyak terkait dugaan tersebut. Sebab, kata dia, General Motors di Cina dan Indonesia tidak sama, sehingga kebijakan terkait bisnis dan kerja sama tentu juga berbeda.

“GM Cina punya saham besar di kita (Wuling) sekitar 46 persen. Tapi ketika dateng ke Indonesia, beda lagi. Company-nya juga beda. Jadi kalau misalnya ditanya mengenai Chevrolet, lebih baik tanya ke GM-nya saja. Saya enggak berhak komen terlalu jauh soal GM ataupun Chevrolet di Indonesia,” ujarnya di bilangan Tangerang Selatan, Selasa 12 November 2019.

Berita Terkait
hitlog-analytic