Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Nissan Mau Setop Datsun, Begini Pangkal Masalahnya

Logo mobil Datsun
Sumber :

100kpj – Kabar mengejutkan datang dari Nissan. Jenama asal Jepang itu kabarnya bakal menghapus anggaran dan nama Datsun dari daftar perusahaan. Informasi tersebut muncul usai dua orang sumber yang dekat dengan permasalahan ini memberi bocoran terkait rencana di atas.

Menurut laporan, rencana penghapusan nama Datsun merupakan bagian dari restrukturisasi perusahaan. Apalagi Nissan mengalami kemerosotan penjualan pasca kasus yang menimpa pimpinan Aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi, Carlos Ghosn.

Pabrik Nissan di Purwakarta


Kabar ini memang mengejutkan. Bagaimana tidak, padahal Nissan sebelumnya dikabarkan bakal memperluas jajaran line-up Datsun dengan menghadirkan B-SUV pada 2020 mendatang. Tetapi semuanya runtuh mendengar kabar kalau Nissan justru berniat menyuntik mati merek mobil murah mereka, Datsun.

Sekadar diketahui, Datsun merupakan merek otomotif yang dibangkitkan Nissan pada bulan Maret 2012. Kemudian pada Juli 2013, model pertama mereka GO resmi diperkenalkan. Mobil murah itu diproduksi di tiga negara, Indonesia, India, dan Rusia.

Namun, asa tak sesuai rencana, sumber yang dekat dengan permasalahan ini justru mengatakan kalau kebangkitan Datsun justru jadi petaka bagi Nissan. Di mana, Datsun secara fakta telah gagal memantapkan diri sebagai merek yang sukses di pasaran.

Bukan cuma melempem di Indonesia, namun Datsun juga sepi peminat di Afrika Selatan, India dan Rusia. Ditambah prahara Nissan yang dilanda krisis akibat opsi pemotongan biaya dari skandal pimpinan mereka, Carlos Ghosn.

Datsun Go Panca.


"Kemungkinan besar Datsun akan menanggung beban restrukturisasi," ujar seorang sumber.

Dijelaskan juga, masalah utama dengan merek Datsun karena saling memangsa dengan nama Nissan di pasar. Selain kinerja penjualan yang buruk, norma emisi dan norma keselamatan yang kian menjadi ketat kian mempersulit posisi Datsun. Karena jika meng-upgrade norma emisi dan norma keselamatan, biaya produksi bakal makin tinggi, dan harga menjadi tak murah lagi.

Hal inilah yang tampaknya telah mengurangi kepercayaan Nissan terhadap Datsun. Dan besar kemungkinan perusahaan bakal menghapus merek Datsun untuk menyelesaikan masalah keuangannya.

Sejauh ini Nissan belum angkat bicara atas bocoran informasi dari pihak internal mereka yang beredar. (Reuters, Autocar)
Berita Terkait
hitlog-analytic