Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kenal Lebih Dekat Mobil Konsep Mitsubishi, Bisa Tenggak Alkohol

Mitsubishi MI-TECH Concept
Sumber :

100kpj – Ada beberapa catatan menarik dari mobil konsep MI-TECH yang diperkenalkan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Tokyo Motor Show 2019. Salah satunya, mobil konsep ini diproyeksikan MMC dapat menggunakan beberapa bahan bakar lain, salah satunya alkohol.

Menurut CEO MMC Takao Kato saat memperkenalkan mobil konsep MI-TECH di helatan Tokyo Motor Show 2019, mobil dua penumpang ini ternyata dapat menenggak solar, minyak tanah dan alkohol. Dengan kata lain, tak usah khawatir jika sedang langka bensin.

Maklum saja, mobil konsep yang satu ini akan ditanami sistem plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) masa depan dengan sebuah generator turbin gas yang ringan. Hal itu memungkinkan untuk menggunakan beberapa bahan bakar alternatif berdasarkan kondisi daerahnya.

Mitsubishi MI-Tech


"M-TECH CONCEPT menawarkan sistem phev masa depan dengan sebuah generator turbin gas yang ringan. Tak hanya itu, turbin gas ini juga dapat berjalan tidak hanya dengan bensin, tetapi juga dengan beberapa bahan bakar seperti diesel, minyak tanah dan alkohol, yang dapat dipilih tergantung pada daerah," kata Takao Kato.

Perlu diketahui, Mobil SUV PHEV ini juga telah mengusung desain Dynamic Shield yang menggambarkan perlindungan untuk penumpang maupun kendaraan itu sendiri. Secara tampilan umumnya, desainnya tampak nyeleneh namun terkesan tangguh.

Mitsubishi MI-TECH Concept


Mobil konsep ini juga telah menggunakan empat motor sistem 4WD dengan dua motor untuk masing-masing poros depan dan belakang. Sistem ini memungkinkan torsi yang optimal terdistribusi pada keempat rodanya.

Catatan penting lainnya, mobil ini akan mengadopsi human machine interface yang mampu menampilkan informasi yang terdeteksi dari advanced optical sensing technology pada kaca depan yang menggunakan augmented reality.

Tak kalah penting, mobil konsep ini juga telah dilengkapi teknologi MI-PILOT driver assistance dan active safety system guna memberikan keselamatan maksimal. Teknologi ini berguna untuk memperingatkan potensi tabrakan serta membantu penggunaan setir dan rem.

Kenapa ditanamkan mesin turbin gas?

Di sela-sela acara Tokyo Motor Show 2019, penjelasan mengapa MI-TECH ditanamkan turbin gas, Senior Vice President MMC Hiroshi Nagaoka memberikan alasannya. Ada tiga alasan menurutnya.

Mitsubishi MI-Tech


Yang pertama karena kecil dan compact. Yang kedua, dapat memakai berbagai alternatif bahan bakar yang dapat disesuaikan dengan ketersediaan suatu daerah atau negara. Dan yang terakhir, gas buang yang dihasilkan relatif lebih bersih.

Dalam kesempatan itu Hiroshi juga menjelaskan kenapa dari alternatif bahan bakar tersebut tak ada pilihan hidrogen atau BBH. Menurutnya hal itu lebih disebabkan karena penggunaan bahan bakar hidrogen saat ini masih terbentur dengan masalah infrastruktur.
Berita Terkait
hitlog-analytic