Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Asal Muasal Mobil di Indonesia Pakai Setir Sebelah Kanan

Ilustrasi setir mobil.
Sumber :

100kpj – Hingga saat ini, masih banyak kalangan yang bertanya-tanya mengenai sejarah serta alasan mengapa mobil-mobil di Indonesia menggunakan setir sebelah kanan. Meski pertanyaan itu telah muncul sejak lama, namun hanya sedikit yang sudah menemukan jawabannya.

Penggunaan setir sebelah kanan di mobil Indonesia, sebenarnya dipengaruhi negara di kawasan Eropa. Melansir laman World Standards, seperti dikutip Senin 23 September 2019, apabila kita menyusurinya jauh ke belakang, Inggris adalah negara yang pertama kali memulainya.

Saat itu, ketika Inggris berada di bawah kekuasaan Romawi, semua warganya terbiasa menggunakan tangan kanan untuk membawa senjata saat berkuda. Selain itu, tentara Romawi juga selalu berbaris di sisi kiri jalan. Sehingga kendaraan yang melintas harus melalui sisi sebaliknya.

Fakta tersebut memunculkan satu kesimpulan, bahwa kanan merupakan posisi paling ideal untuk setir kendaraan. Hal itu pula yang membuat pemerintah setempat memasukkannya dalam undang-undang dan mulai diterapkan di seluruh wilayah koloni Inggris pada 1835 silam.

Pengamat sekaligus penulis otomotif senior asal Inggris, Giles Chapman menyebut, setelah aturan disahkan, beberapa negara di kawasan Eropa lain turut mengadopsi hal serupa. Salah satunya, Belanda. Maka, kala itu—sekira pertengahan abad 19—seluruh negara jajahan Negeri Kincir Angin dipaksa menggunakan mobil dengan posisi setir di sebelah kanan.

Berita Terkait
hitlog-analytic