Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Xenia Makin Terpuruk, Sigra Jadi Penolong Penjualan Daihatsu

Daihatsu Sigra
Sumber :

100kpj – Banyaknya pendatang baru membuat persaingan mobil penumpang jenis Low Multi Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia semakin sengit. Bahkan eksistensi pemain lama, seperti Daihatsu Xenia lambat laun mulai menurun.

Hal tersebut terlihat dari rekam jejak penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai agen pemegang mereknya di Tanah Air. Di mana kontribusi penjualan Xenia selalau berada di bawah lima mobil Daihatsu model lainnya.

Di Juli 2019, Low MPV berlogo D tersebut hanya terjual 676 unit dari pabrik ke diler. Kemudian Agustus, pencapaian wholesales-nya menurun jadi 462 unit. Penurunan tersebut juga terjadi pada penjualan diler ke konsumen atau retail.

Dari sebelumnya 498 unit, namun bulan kedelapan hanya terjual 393 unit. Dengan begitu, Xenia menjadi salah satu model yang kontribusinya paling sedikit untuk total penjualan retail Daihatsu yang mencapai 13.696 unit di Agustus tahun ini.

Posisi pertama masih ditempati Sigra, mobil kelas Low Cost Green Car (LCGC) tersebut yang menolong penjualan Daihatsu di Tanah Air. Penjualan Sigra dari diler ke konsumen di bulan ketujuh tembus 3.805 unit, namun bulan selanjutnya 3.795 unit.  

Memang ada penurunan sedikit, namun setidaknya LCGC yang dapat menampung tujuh penumpang itu sukses mendongkrak penjualan mobil Daihatsu. Namun wholesales ada kenaikan, dari 3.757 unit menjadi 4.371 unit. 

Berita Terkait
hitlog-analytic