Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Saatnya Indonesia Jadi Produsen Kendaraan Listrik

Ilustrasi Produksi Mobil Listrik
Sumber :

100kpj – Era elektrifikasi di Indonesia sudah di depan mata. Pemerintah tampak serius menyiapkan segalanya. Mulai dari regulasi, infrastruktur, hingga elemen penunjang lainnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan berharap, Indonesia tidak hanya menjadi pasar atau pengguna kendaraan listrik saja, melainkan juga bisa menjadi produsen yang mampu membuat produknya sendiri. Sebab, bahan komponen pendukungnya tersedia banyak di Tanah Air.

“Sekitar 70 sampai 80 persen komponen pembentuk baterai lithium yang esensial bagi kendaraan listrik, terdapat di Indonesia. Kita harus bisa mengelolanya,” kata Luhut dalam acara Indonesia Electric Motor Show atau IEMS 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Luhut naik gesits

Selain sumber daya alam, kata Luhut, Indonesia juga memiliki bekal yang baik dalam hal sumber daya manusianya. Dia menyebut, ada banyak tenaga ahli di Tanah Air yang cukup kompeten menciptakan kendaraan listriknya sendiri.

“Saya yakin anak bangsa bisa membuat mesin bertenaga listriknya sendiri. Tidak mungkin tak bisa. Kan kita tidak kalah dari orang-orang luar (negeri). Kita bisa, kita harus bangun itu,” ujar Luhut.

Mobil Listrik Dicas
Berita Terkait
hitlog-analytic