Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bukan Ketetesan Cat, Ini Fungsi Titik Kuning di Ban Mobil

Titik Kuning di Ban
Sumber :

100kpj – Di setiap ban mobil yang dibeli, biasanya ada tanda berupa bulatan kuning di sekitar dindingnya. Bagi kalangan awam, tanda itu dinilai sebagai bekas tumpahan cat yang tak disengaja. Sebab, bentuknya tak bulat sempurna, seperti tetesan cairan.

Namun, hal itu rupanya keliru. Bulatan kuning di permukaan terluar ban sengaja dibuat produsen untuk menandakan titik paling ringan di karet bundar tersebut. Sebab, melansir laman Tires Easy, seperti dikutip Kamis 5 September 2019, tidak semua ban memiliki 100 persen bobot sempurna di setiap sisi, maka dibuatlah penandanya.

Sebenarnya, tak ada ketentuan mutlak mengenai warna. Di beberapa negara, terutama Eropa, penanda titik teringan ban itu memiliki warna merah terang, dan juga biru muda. Apapun yang dipilih, intinya tanda tersebut harus mudah ditemui, alias terjangkau mata.

Tanda itu juga bisa memudahkan teknisi memasang pelek di ban. Sebab, dengan mengetahui titik teringan dan terberat di komponen tersebut, mereka menjadi lebih mudah menentukan keseimbangan putaran, atau balancing.

Selain itu, lingkar kuning juga sering diposisikan sejajar dengan pentil ban. Alasannya, karena pentil pasti memberikan bobot tambahan. Memasangnya tepat di titik paling ringan, tentu membuat keseimbangan roda tak mengalami gangguan.

Jadi, meski terlihat seperti bekas tumpahan cat, rupanya penanda kuning di ban itu memiliki arti dan fungsi yang sedemikian penting. Pantas saja selalu ditemukan di seluruh ban baru. (re2)

Berita Terkait
hitlog-analytic