Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Selamat Tinggal Toyota Estima

Toyota Estima.
Sumber :

100kpj – Sebelum ada Toyota Alphard dan Vellfire, Toyota lebih dulu menghadirkan Estima --Previa. Mobil ini merupakan Multi Purpose Vehicle (MPV) mewah yang dihadirkan untuk menjangkau kalangan menengah ke atas.

Wujudnya terbilang bongsor dan eksentrik laiknya telur atau bola rugby. Saking menariknya di sejumlah pasar, Estima pun punya loyalis setia.

Namun kini berita sedih datang dari Estima, Toyota telah mengumumkan bahwa produksi MPV ini yang dilakukan di Jepang akan berakhir bulan depan. Generasi ketiga Estima yang terakhir dirilis pun tak bakal mendapat unit pengganti.

Menurut Toyota, seperti dikutip Paultan, Rabu 4 September 2019, mereka harus menyuntik mati Estima lantaran permintaannya yang makin berkurang.

Seperti diketahui, Toyota Estima generasi pertama lahir pada 1990. Model pertamanya bertahan hingga 1999. Model kedua kemudian lahir pada tahun 2000  yang dipasarkan hingga 2005.



Generasi ketiga kemudian lahir pada 2006 dan pernah mencapai angka jualan 100 ribu unit setahun. Selepas 13-tahun, Estima menunjukkan gejalan tak lagi kompetitif, hingga menjadikannya target Toyota untuk dihentikan produksi dan pemasarannya.

"Estima walaupun mempunyai ukuran yang hampir sama dengan Alphard dan Vellfire, ia seringkali kalah kerana kelengkapan yang kurang mewah jika dibandingkan dengan dua MPV lebih terkini berkenaan," tulis laporan tersebut.

Dengan pengumuman tersebut, maka pemberhentian produksi Estima di Jepang akan berimbas pada pemasarannya di seluruh dunia.
Berita Terkait
hitlog-analytic